Urbanisasi, Manfaat dan Contoh kasusnya

Assalamualaikum wr wb.

Selamat datang di blog saya, disini saya membahas mengenai Urbanisasi.

Apaan sih Urbanisasi, apa manfaatnya dan contoh kasusnya apa? Lets cekidot.

Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari pedesaan ke kota atau dari kota kecil ke kota besar. Urbanisasi disebabkan oleh 2 faktor yaitu faktor pendorong dimana sempitnya/sulitnya mencari pekerjaan di desa dan faktor penarik dimana banyaknya sarana dan prasarana serta lapangan pekerjaan di kota.
Manfaat dari Urbanisasi adalah sebagai berikut.


  • Menambah pengetahuan penduduk desa yang berpindah
  • Meningkatnya sumber daya yang berkualitas
  • Mengurangi pengangguran di pedesaan
  • Mensejahterakan masyarakat pedesaan
  • Masyarakat desa semakin maju

Contoh kasus Urbanisasi

Seperti yang kita ketahui Surabaya merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia, dan tiap tahun pasti penduduk juga makin bertambah. Menurut BPS Kota Surabaya pertumbuhan penduduk dari tahun 2000 – 2010 adalah 0.66% dan diperkirakan akan terus menaik.
Dibandingkan dengan penduduk yang lahir di Surabaya, penduduk pindahan lebih banyak jumlahnya. Banyaknya penduduk pindahan ini tentu saja tidak mungkin bukan tanpa alasan. Tingginya prospek kerja di Surabaya yang termasuk pusat kegiatan pemerintahan, perdagangan, perindustrian dan lain – lain serta banyaknnya lembaga pendidikan yang berkualitas. Dan juga Kota Surabaya adalah kota yang dapat kita masuki dengan sesuka hati serta mudahnya akses mudah menuju Kota Surabaya. Akibat tingginya Urbanisasi, tantangan untuk memberikan fasilitas yang layak bagi penduduknya tentu kan menjadi semakin sulit. Namun, Urbanisasi tentu saja tidak hanya meninggalkan dampak yang buruk bagi Kota Surabaya karena penduduk yang datang membantu merupakan potensi sumber daya yang baik.


Sekian semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung
Wassalamualaikum wr wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kitabisa : Donasi sekarang bisa Online

Pengertian dan Manfaat Manajemen Layanan Sistem Informasi

Review Xiaomi Redmi 4x