Pendidikan dan Perguruan Tinggi

Assalamualaikum wr wb.

Terimakasih sebelumnya karena telah sempat berkunjung ke blog saya, semoga tulisan saya ini bermanfaat bagi kita semua.
Dan kali ini saya membahas mengenai apa sih itu pendidikan? Perguruan tinggi itu apa? Dan bagai mana perasaan saya yang diberi kesempatan menjadi seorang mahasiswa?. Langsung aja eakk dibawah

A. Pengertian Pendidikan


Menurut KBBI, Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

Ada beberapa ahli yang mengungkapkan pendapatnya mengenai Pendidikan, diantaranya sebagai berikut:

1. Menurut Prof. Dr. John Dewey
pendidikan adalah suatu proses pengalaman. Karena kehidupan adalah pertumbuhan, pendidikan berarti membantu pertumbuhan batin tanpa dibatasi oleh usia. Proses pertumbuhan ialah proses menyesuaikan pada tiap-tiap fase serta menambahkan kecakapan di dalam perkembangan seseorang.

2. Menurut Prof. H. Mahmud Yunus
pendidikan adalah usaha-usaha yang sengaja dipilih untuk mempengaruhi dan membantu anak dengan tujuan peningkatan keilmuan, jasmani dan akhlak sehingga secara bertahap dapat mengantarkan si anak kepada tujuannya yang paling tinggi. Agar si anak hidup bahagia, serta seluruh apa yang dilakukanya menjadi bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat.

3. Menurut Prof. Herman H. Horn
pendidikan adalah proses abadi dari penyesuaian lebih tinggi bagi makhluk yang telah berkembang secara fisk dan mental yang bebas dan sadar kepada Tuhan seperti termanifestasikan dalam alam sekitar, intelektual, emosional dan kemauan dari manusia.

4. Menurut M.J. Langeveld
pendidikan adalah setiap pergaulan yang terjadi adalah setiap pergaulan yang terjadi antara orang dewasa dengan anak-anak merupakan lapangan atau suatu keadaan dimana pekerjaan mendidik itu berlangsung.

Jadi jika disimpulkan intinya Pendidikan itu adalah suatu proses pengubahan menjadi suatu kedewasaa yang salah satunya adalah dengan menuntut ilmu.

B. Pengertian Perguruan Tinggi


• Menurut KBBI, Perguruan tinggi adalah Tempat pendidikan dan pengajaran tingkat tinggi (seperti Universitas, Akademi, Sekolah tinggi)

• Peraturan Pemerintah No.60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi, menjelaskan bahwa perguruan tinggi merupakan:

"Pendidikan pada jalur pendidikan sekolah pada jenjang yang lebih tinggi daripada pendidikan menengah di jalur pendidikan sekolah."

• UU 2 tahun 1989, pasal 16, ayat (1) tentang pendidikan tinggi telah dijelaskan bahwa :

"Perguruan tinggi merupakan kelanjutan pendidikan menengah yang diselenggarakan untuk mempersiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian."

Jadi menurut saya Perguruan tinggi adalah suatu tempat pendidikan yang dapat anda dapati setelah lulus dari jenjang pendidikan SMA, dengan harapan peserta didik memiliki keterampilan yang nantinya bisa dipakai untuk mensejahterakan hidup diri sendiri dan masyarakat.

Perasaan saya sebagai salah satu manusia yang berkesempatan menjadi seorang mahasiswa di perguruan tinggi tentu saja saya sangat merasa senang dan bahagia, karena tidak semuanya bisa menjadi seorang mahasiswa dengan mudah, butuh perjuangan dari diri sendiri dan juga orang tua. Selain itu, karena saya diberi kesempatan menjadi seorang mahasiswa jadi saya harus berani bertanggung jawab atas segala apa yang saya lakukan, bersikap mandiri, dan siap menjadi sosok yang berguna bagi sekitar bahkan bangsa dan negara.

Source :
http://tesispendidikan.com/tujuan-pendidikan-tinggi-menurut-undang-undang/
http://tesispendidikan.com/pengertian-perguruan-tinggi-menurut-para-ahli/
Kamus Besar Bahasa Indonesia
Undang Undang Negara Indonesia
Peraturan Pemerintah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kitabisa : Donasi sekarang bisa Online

Manusia dan Kebudayaan

Pengantar Teknologi Sistem Cerdas