Kitabisa : Donasi sekarang bisa Online


Waktu demi waktu terus berjalan, seiring dengan jalannya hidup bumi terus berotasi di porosnya mengukir segala cerita di dunia dari berita gembira hingga bencana, dan kita sadar bahwa kita hidup di dunia itu tidak sendirian, ada kalanya kita saling tolong menolong membantu sesama.
Kita tentu saja merasa iba dengan saudara – saudara kita yang jauh di sana terkena bencana seperti Gempa, Tsunami dan Kebakaran hutan yang saat ini sedang melanda Kalimantan dan sekitarnya. Namun bagaimana kita menolongnya di sela – sela kesibukan kita yang kian hari kian melonjak? Alhamdulillah sekarang sudah ada aplikasi kitabisa.com, dengan aplikasi ini kita bisa mendonasikan sebagian rezeki kita bagi saudara – saudara kita yang jauh sana terkena musibah dan bisa melihat kebahagiaan mereka kembali.

Perkenalkan, Kitabisa

Apa itu kitabisa.com?. Kita Bisa adalah sebuah situs dimana kita bisa berdonasi ataupun menggalang dana dengan metode online. Jadi kita tidak harus pergi kesana kemari untuk menggalang dana, hanya dengan beberapa klik kita bisa mengulurkan dana Dan siapa saja bisa menggalang dana dan berdonasi di sini. Mulai dari Individu, komunitas , yayasan dan organisasi juga bisa.

Awal mula Kitabisa

Berawal dari keinginan membuat gerakan sosial, pada 2013 Alfatih Timur biasa disebut Timmy membuat Kitabisa sebagai wadah bagi siapapun yang ingin mewujudkan proyek sosialnya. Seiring waktu, Kitabisa bertransformasi menjadi platform galang dana dan berdonasi secara online. Perjalanan tak selalu mulus, namun semangat tak pernah tergerus. Kini, Kitabisa telah menghubungkan lebih dari 1 juta #OrangBaik dan menyalurkan Rp 500 milIar lebih donasi bagi pihak yang membutuhkan.
  • 2013 Kitabisa lahir sebagai gerakan sosial
  • 2014 Beralih fokus menjadi wadah donasi online
  • 2017 Luncurkan aplikasi Kitabisa
  • 2018 1 juta #OrangBaik telah terhubung, 500 M telah terkumpul.

Aman kah? Atau bahkan bisa tipu – tipu?

Kitabisa sangat memegang teguh unsur keamanan dalam menyebarkan kebaikan. Karena itu, Kitabisa memiliki izin PUB (Pengumpulan Uang dan Barang) dari Kementerian Sosial untuk kategori umum dan kategori bencana alam.

Kitabisa rutin memperbaharui izin PUB (Penggalangan Uang dan Barang) dari Kementerian Sosial. Kitabisa berhasil mendapatkan penghargaan Padma Award yang diselenggarakan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia. Kitabisa terpilih untuk kategori: Tertib Pelaporan dalam Penyelenggaraan Pengumpulan Uang atau Barang tahun 2018.


Padma Award merupakan bentuk apresiasi dari Kemensos Republik Indonesia untuk instansi dan lembaga yang membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan sosial melalui kualitas penyelenggaraan Undian Gratis Berhadiah dan Pengumpulan Uang atau Barang. Penghargaan tersebut diberikan atas penilaian yang dilakukan oleh seluruh Perangkat Daerah tingkat Provinsi se-Indonesia yang memiliki kewenangan. Penilaian dilakukan berdasarkan profesionalitas penelitian teknis atau pengujian fisik permohonan dan durasi waktu penerbitan rekomendasi izin Undian Gratis Berhadiah dan Pengumpulan Uang atau Barang.

Dengan penghargaan ini, terbukti bahwa Kitabisa merupakan situs penggalangan dana yang terpercaya dan transparan. Sejak 2013, sudah ada lebih dari dua puluh ribu galang dana yang terdanai. Dana tersebut terkumpul dari para OrangBaik yang menyalurkan bantuan secara sukarela dan dengan kepercayaan penuh melalui situs penggalangan dana Kitabisa.
Penghargaan ini kami persembahkan untuk jutaan OrangBaik yang telah mempercayakan Kitabisa untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Terima kasih para OrangBaik. Mari terus sebarkan kebaikan bersama Kitabisa!

Tak hanya itu, sebagai bentuk transparansi, Kitabisa juga rutin diaudit oleh Kantor Akuntan Publik dengan hasil Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Kitabisa terus berupaya menjadi platform galang dana yang transparan dan akuntabel. Karena itu, laporan keuangan Kitabisa diaudit secara berkala oleh Kantor Akuntan Publik (KAP).

Di tahun 2018, Kitabisa memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kantor Akuntan Publik (KAP) GIFAR & AMBRI. Sebelumnya, di tahun 2017, Kitabisa juga mendapat Opini WTP dari Kantor Akuntan Publik (KAP) Razikun Tarkosunaryo.

Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) merupakan opini audit yang diterbitkan ketika laporan keuangan dianggap memberikan informasi yang bebas dari salah saji material dan telah disajikan secara wajar. Hal ini membuktikan bahwa bukti-bukti audit seperti material, posisi keuangan, hasil usaha, dan arus kas entitas tertentu yang dikumpulkan oleh Kitabisa sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik.
Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diraih Kitabisa adalah bentuk dari penerapan prinsip good governance. Hal tersebut menunjukkan bahwa Kitabisa memegang prinsip transparansi.

Tampilan Aplikasi Kitabisa

Secara tampilan situs Kitabisa sangat interaktif dan mudah untuk dipahami, ada tab navigasi di bagian bawah dan di dominasikan dengan warna biru dan putih.
tampilan home dari situs ini berisi daftar penggalangan dana mulai dari individu sampai organisasi

Cara berdonasi dan Galang Dana

Bagaimana cara galang dana

  1. Pastikan Anda telah login di akun Kitabisa.com menggunakan browser
  2. Tekan tombol Galang Dana
  3. Pilih jenis galang dana Bantuan Lainnya (Pastikan galang dana yang akan dibuat sesuai Community Guideline Kitabisa)
  4. Tekan tombol Mulai Galang Dana kemudian Isi informasi yang diminta



  5. Isi deskripsi
  6. Pada tahap konfirmasi, Anda wajib mengisi kolom yang diminta sistem dan menyetujui syarat dan ketentuan serta biaya administrasi Kitabisa.com
  7. Masukkan 6 digit kode verifikasi, untuk menyelesaikan pembuatan halaman galang dana Anda
  8. Setelah halaman galang dana Anda berhasil dibuat, sebarkan link galang dana ke lingkaran terdekat Anda

Bagaimana cara berdonasi melalui Kitabisa?

Berikut ini adalah langkah berdonasi melalui Kitabisa.com :
  1. Silakan buka Kitabisa.com melalui browser HP atau PC Anda. Anda juga dapat menggunakan aplikasi Kitabisa yang bisa diunduh di Playstore dan iOS.
  2. Silakan memilih salah satu halaman galang dana yang diminati.
  3. Pada halaman galang dana tersebut, silakan klik tombol berwarna merah muda bertuliskan "DONASI SEKARANG".
  4. Silakan ikuti petunjuk yang diberikan sistem (mengisi nominal - pilih metode pembayaran - identitas diri).
  5. Pada akhir donasi online, terdapat rangkuman pembayaran yang berisi nomor rekening tujuan transfer dan kode unik yang harus dicantumkan pada nominal transfer.
  6. Mohon transfer tepat sesuai tagihan yang diinformasikan sistem, supaya donasi terverifikasi otomatis tanpa harus konfirmasi kembali kepada kami.
  7. Anda akan menerima notifikasi via sms dan/atau email begitu donasi terverifikasi.

Bagaimana Kitabisa membiayai operasional

Kitabisa percaya niat baik perlu dilakukan secara berkelanjutan. Karena itu, sebagai social enterprise kami mengenakan biaya administrasi sebesar 5% dari total donasi terkumpul kepada pihak yang menggalang dana di Kitabisa - kecuali untuk kategori bencana alam dan zakat (0%). Model ini sudah dipastikan sesuai dengan aturan yang berlaku di Republik Indonesia maupun secara Syariat Islam.

Dalam hukum muamalah, kegiatan penggalangan dana dan donasi yang dilakukan Kitabisa memenuhi asas-asas kegiatan muamalah. Asas-asas hukum tersebut antara lain
  1. Pertukaran manfaat, kerjasama, dan kepemilikan
  2. Asas pertukaran manfaat dapat meliputi keterlibatan orang banyak, baik secara individual maupun kelembagaan, dimana Kitabisa individu, komunitas, organisasi, maupun perusahaan dalam melakukan kegiatan crowdfunding. Oleh karena itu, terkandung norma kerjasama dalam proses penggalangan dana dan donasi yang diselenggarakan Kitabisa.
  3. Pemerataan kesempataan, kerelaan, dan tidak ada penipuan atau spekulasi
  4. Dalam asas ini, Kitabisa memberikan setiap individu kesempatan yang sama untuk membantu dan dibantu dengan cara galang dana dan donasi. Semua kegiatan dilakukan dengan kerelaan tanpa adanya bentuk paksaan dan dilaporkan secara transparan dan akuntabel.
  5. Tolong menolong dalam kebaikan dan taqwa
  6. Penggalangan dana dan donasi yang dilakukan oleh Kitabisa merupakan bentuk pemenuhan dan pelaksanaan saling membantu antar sesama manusia.
Berdasarkan penjelasan tersebut, model operasional Kitabisa telah sesuai dan memenuhi ketentuan serta syarat dari ujrah dalam Islam

Kolaborasi Bersama Kitabisa

Kitabisa percaya dampak kebaikan akan semakin besar dengan gotong royong dan kolaborasi. Kitabisa telah berkolaborasi dengan banyak pihak dari beragam sektor.
  • Perusahaan
  • Puluhan perusahaan telah bekerjasama dengan Kitabisa untuk melakukan program CSR maupun kegiatan pemasaran. Jika perusahaanmu ingin berkolaborasi dengan Kitabisa, silakan Kontak partnership@kitabisa.com

  • Institusi Pemerintah
  • Banyak elemen pemerintah yang pernah bekerjasama dengan Kitabisa untuk mendorong partisipasi publik secara aktif dalam menangani permasalahan sosial. Institusi pemerintah bisa berkolaborasi bersama Kitabisa dengan mengontak partnership@kitabisa.com

  • Organisasi Sosial (NGO)
  • Ratusan NGO di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan, kemanusiaan, dan beragam bidang lainnya telah berkolaborasi dengan Kitabisa untuk menggalang dana dan melakukan aktivitas sosial. Untuk berkolaborasi, kontak: partnership@kitabisa.com

  • Media Massa
  • Kitabisa percaya media massa memiliki peran strategis untuk menyebarkan kebaikan. Puluhan media telah berkolaborasi dengan Kitabisa untuk menggalang dana dan menyebarkan informasi mengenai figur/cerita inspiratif. Untuk berkolaborasi kontak: public.relation@kitabisa.com

Alamat Kantor Pusat

Bagi kalian yang ingin berkunjung ke kantor situs KitaBisa ataupun hanya sekedar ingin tahu gedungnya seperti apa berikut adalah alamatnya

Jl. Ciputat Raya No.27D, RW.7, Pd. Pinang,
Kec. Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12310

Kesimpulan

Kitabisa adalah sebuah situs untuk berdonasi dan menggalang dana secara online, dengan adanya ini masyarakat indonesia tidak lagi bersusah payah turun ke jalan untuk menggalang dana. Dengan mekanisme yang cukup mudah kita bisa memulai galang dana dan berdonasi dengan sangat aman seperti yang dicantumkan diatas tadi.
Diharapkan Kitabisa menjadi channel nomor satu bagi orang-orang yang ingin bersedekah atau berinfak (berdonasi) dan juga untuk menggalang dana untuk sebuah atau lebih kebaikan serta terus meningkatkan keamanan demi kepercayaan masyarakat luas.

Referensi :
www.klikmania.net/review-situs-kitabisa/
kitabisa.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Manfaat Manajemen Layanan Sistem Informasi

Review Xiaomi Redmi 4x